PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF: TPACK PADA MATERI FISIKA
MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF
Assalamualaikum wr.wb
Hallo teman-teman, pada kesempatan kali ini aku akan membagikan hasil analisis yang telah aku lakukan pada salah satu jurnal mengenai penggunaan TPACK dalam materi Fisika.
Link: Jurnal yang dianalisis
Kata kunci : TPACK, buku teks fisika, teori relativitas khusus
DESKRIPSI NOVELTY : Di dalam artikel ini belum dituliskan pembaharuan oleh penulis.
ANALISIS KRITIS JURNAL :
PENERAPAN TPACK DALAM BUKU TEKS FISIKA SMA PADA TOPIK TEORI RELATIVITAS KHUSUS
Pada jurnal tersebut dijelaskan bahwasanya fisika merupakan konsep yang faktual (konsep yang ada di lingkungan sekitar dan mudah untuk diamati) dan juga abstrak (tidak dapat diamati secara langsung di lingkungan). Penulis memaparkan bahwasanya pada materi Teori Relativitas Khusus memiliki konsep yang abstrak dikarenakan sulit untuk divisualisasikan. Hal tersebut membuat penulis ingin mengatasinya dengan bantuan multimedia. Dengan bantuan TPACK berintegrasi Augmented Reality, penulis berharap jika buku teks yang telah dihasilkan dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar dalam memvisualisasikan konsep fisika yang abstrak.
Dengan menggunakan metode penelitian Dick and Carey yang terdiri dari sembilan langkah, penulis memperoleh adanya 7 komponen TPACK yang diterapkan dalam buku teks yang dikembangkan, yaitu sebagai berikut:
1. Komponen Pedagogical Knowledge
2. Komponen Content Knowledge
3. Komponen Technological Knowledge
4. Komponen Content Pedagogical Knowledge
5. Komponen Technological Pedagogical Knowledge
6. Komponen Technological Content Knowledge
7. Komponen Technological Pedagogical and Content Knowledge
Itulah tadi hasil analisis dari jurnal yang aku telah aku baca, semoga bermanfaat....
Wassalamualaikum wr.wb
Comments
Post a Comment