Model-model Pembelajaran Inovatif (bagian 1): Pembelajaran berbasis masalah, inkuiri, dan proyek pembelajaran, (karakteristik, sintaks, dan penilaian).

 DESKRIPSI NOVELTY DAN ANALISIS BERPIKIR KRITIS 

OLEH ZENI ZAMARA (200321614887)

Kata kunci: hasil belajar, inkuiri terbimbing, video berbasis kontekstual


DESKRIPSI NOVELTY : Di dalam artikel ini belum dituliskan pembaharuan oleh penulis. Adapun alasan penulis mengambil penelitian tersebut dikarenakan masih digunakannya model pembelajaran yang memusatkan kegiatan pembelajaran kepada pendidik. 


1. Judul

KAJIAN PUSTAKA TENTANG EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN VIDEO BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

2. Sumber Rujukan

Kurniawan, D., Subaer., & Nurhayati. (2022). KAJIAN PUSTAKA TENTANG EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN VIDEO BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF), 18 (1), 31-43.

3. Tujuan Penulis

Penelitian ini adalah penelitian studi kepustakaan yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan video berbasis kontekstual terhadap hasil belajar peserta didik. 

4. Fakta-Fakta Unik

✔ Proses pembelajaran yang dituntut kurikulum 2013 memerlukan adanya hubungan timbal balik antara peserta didik dan pendidik untuk mencapai suatu tujuan secara bersama, proses ini juga harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekolah, sarana dan prasarana, serta media pembelajaran yang dibutuhkan untuk membantu tercapainya seluruh aspek perkembangan peserta didik (Rohmawati, 2015, hlm. 17).

✔ Pembelajaran inkuiri merupakan suatu rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analitis, sehingga peserta didik dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri (Trianto, 2009, hlm. 166). 

✔ Nurdyansyah & Fahyuni (2016, hlm. 145–146) mengemukakan jenis-jenis model pembelajaran inkuiri yaitu inkuiri terbimbing (guided inkuiri), inkuiri bebas (free inkuiri) dan inkuiri bebas yang dimodifikasi (modified free inkuiri).

✔ Model pembelajaran inkuiri terbimbing merupakan aplikasi dari teori pembelajaran konstruktivisme yang didasarkan pada pemeriksaan dan penyelidikan secara ilmiah sehingga model inkuiri cocok digunakan untuk pembelajaran fisika. 

✔ Media pembelajaran video berbasis kontekstual yang digunakan yaitu menampilkan peristiwa-peristiwa alam yang berkaitan dengan konsep-konsep fisika yang akan dipelajari, sehingga peserta didik dilatih untuk mereview permasalahan yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari dan dapat mengaitkan konsep-konsep yang dipelajari dengan kenyataan dalam keseharian peserta didik (Fairuzabadi dkk., 2017, hlm. 101).

5. Hal-hal yang perlu dipertanyakan

Belum ada hal yang dipertanyakan. 

6. Saran

Dalam penjelasan artikel telah dituliskan secara runtut, bahasanya baku dan mudah dipahami.

7. Refleksi Diri

Setelah membaca artikel, saya memperoleh banyak hal baru di mana kosa kata atau important things dari para ahli yang belum pernah saya baca sebelumnya. Saya juga sangat berterima kasih kepada pembuat artikel karena telah dijelaskan bagaimana penerapan analisis konten sebagai media menganalisis data yang telah didapatkan. 

Berikut saya lampirkan link artikel yang saya gunakan: KAJIAN PUSTAKA TENTANG EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN VIDEO BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Comments

Popular posts from this blog

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF: TPACK PADA MATERI FISIKA