MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF : LKPD PADA MATERI FISIKA

 MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF

Assalamualaikum wr.wb

Hallo teman-teman, pada kesempatan kali ini aku akan membagikan hasil analisis yang telah aku lakukan pada salah satu jurnal mengenai pengembangan LKPD pada materi dasar fisika.

Link: Jurnal yang dianalisis

Kata kunci                                 : LKPD, STEM, PjBL, Induksi Elektromagnetik

DESKRIPSI NOVELTY     : Di dalam jurnal ini belum terdapat kebaharuan yang dibahas oleh penulis.

ANALISIS KRITIS JURNAL :

PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS STEM-PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI INDUKSI ELEKTROMAGNETIK

    Di dalam jurnal yang telah saya analisis, disebutkan bahwasanya LKPD merupakan lembaran-lembaran yang berisi tugas dan harus dikerjakan oleh peserta didik, dapat juga digunakan sebagai media komunikasi antara guru dan peserta didik untuk berdiskusi secara ilmiah. Penulis memilih pendekatan STEM-PjBL dikarenakan pendekatan STEM siswa mampu melakukan proses perancangan dan perancangan ulang (engineering design process) sehingga dapat menciptakan produk terbaik, sedangkan model pembelajaran Project Based Learning membuat siswa dapat meguasai konsep dengan menciptakan produk baru. Integrasi aspekaspek tersebut dapat berdampak positif pada proses pembelajaran Fisika di sekolah. Adapun komponen yang terdapat pada LKPD berbasis STEM-Project Based Learning ini yaitu:

1. Cover, 

2. Profil LKPD,

3. Petunjuk penggunaan, 

4. Pemberian KD, 

5. IPK, dan tujuan pembelajaran, 

6. Stimulation, 

7. Problem statement, 

8. Teori, 

9. Kegiatan percobaan I, 

10. Kegiatan percobaan II, 

11. Kesimpulan, 

12. Evaluasi, 

13. Daftar pustaka dan 

14. Lembar dokumentasi.

    Berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan penulis pada 24 peserta didik SMA , diperoleh hasil bahwasanya terdapat 50% peserta didik menyatakan materi Induksi Elektromagnetik dianggap sulit, 8,3% peserta didik menyatakan materi Induksi Elektromagnetik sangat sulit, dan 66,7% peserta didik menyatakan tertarik menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis STEM-Project Based Learning untuk memahami konsep Induksi Elektromagnetik. Dari data tersebut didapatkan bahwa materi Induksi Elektromagnetik masih membutuhkan sebuah media pembelajaran yang menunjang pemahaman peserta didik.

Itulah tadi hasil analisis dari jurnal yang aku telah aku baca, semoga bermanfaat....

Wassalamualaikum wr.wb

Comments

Popular posts from this blog

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF: TPACK PADA MATERI FISIKA